Guru
SM3T Angkatan ke IV Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2014-2015
Indentitas
|
||
Nama
|
Nely Rosita Ambarwati, S.Pd
|
|
TTL
|
Kapalo Basi, 27 Agustus 1991
|
|
Alamat Asal
|
Pinjauan, Sungai Sirah Pilubang,
Kec. Sungai Limau,
Kab.Padang Pariaman, SUMBAR.
|
|
Prodi/PTN
|
Pnd. Matematika / Universitas Negeri
Padang
|
|
LPTK
|
Universitas Negeri Padang
|
|
Email
|
nely_rosita30@yahoo.com
|
|
Alamat SM3T
|
Jl. Pasar Indrapura, Desa Manggis
Harapan, kec. Labuhanhaji, Aceh
selatan.
|
|
Tempat Tugas
|
SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji
|
|
Alamat sekolah
|
Jl. Ujung Batu, Desa Ujung Batu,
Labuhanhaji, Aceh Selatan.
|
|
Kepala sekolah
|
Drs. Akmal
|
|
Cerita Selama Menjadi Guru SM3T
Saya bertugas di
kecamatan Labuhanhaji, salah satu kecamatan yang terletak di kabupaten Aceh
Selatan. Labuhanhaji merupakan sebuah kecamatan yang memiliki bahasa yang
hampir sama dengan bahasa minang (disebut bahasa jamee). Menurut
cerita masyarakat sekitar, dahulunya masyarakat Labuhanhaji adalah keturunan
orang minang. Selain bahasa, kebiasaan masyarakatnya pun tidak jauh berbeda
dengan masyarakat minang pada umumnya.
Hanya
sedikit yang tidak saya temui di daerah asal saya ialah adanya kenduri kuburan
dan acara tolak bala.
Jika saya bandingkan
dengan daerah-daerah yang ada di Sumatera Barat, kemiripan
bahasa dan kebiasaan masyarakat Labuhanhaji ini lebih dekat kepada masyarakat
Padang Pariaman yaitu daerah dimana saya berasal. Hal ini membuat saya terasa
berada di kampung halaman sendiri. Masyarakat sekitar pun terbuka dan menerima
keberadaan kami. Mereka juga sudah mengetahui dan terbiasa dengan keberadaan
guru sm3t yang di kirim ke daerah mereka
karena
sudah empat periode guru sm-3t
berada di daerah mereka secara bergantian. Masyarakat sekitar menyebut kami
para guru sm-3t
ini dengan sebutan "guru padang".
Sekolah tempat saya
bertugas adalah SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji yaitu salah satu sekolah
unggul yang berada di kecamatan Labuhanhaji. Sekolah ini masih terbilang baru
karena baru berdiri selama 4 tahun dan baru mengalami perubahan status dari
sekolah swasta menjadi sekolah negeri pada tanggal 27 November 2014. Karena
sekolah baru, masih banyak sarana dan prasarana yang kurang.
Beruntung,
saya di tugaskan di SMAN Unggul Darussalam Labuhanhaji ini karena di lihat
dari segi siswanya adalah siswa-siswi pilihan yang diseleksi melalui
serangkaian tes. Siswa yang bisa masuk ke sekolah ini ialah mereka memiliki
motivasi tinggi untuk belajar, unggul dari segi akademik, dan sikapnya.
Meskipun juga ada beberapa siswa yang tidak memenuhi kriteria sebagai siswa
unggul yang berhasil lolos untuk masuk ke sekolah ini. Selama saya bertugas di
sekolah ini, saya tidak menemukan tantangan yang berarti meskipun waktu dan
tenaga habis terkuras di sekolahkarena proses PBM di mulai pagi sampai sore.
Kesan
Menjadi guru sm-3t adalah sebuah pengalaman dan
pengetahuan baru bagi saya. Saya menemukan bahwa ada "daerah minang
lain" di Indonesia selain di
Sumatera
Barat yaitu Labuhanhaji, Aceh Selatan. Saya katakan demikian karena benar-benar
mirip. Hal yang tidak pernah saya ketahui
sebelumnya.
Menjadi
seorang pengajar salah satu sekolah unggul di Labuhanhaji ini menjadi tantangan
tersendiri bagi saya, karena siswa yang diajar memiliki kemampuan yang lumayan
bagus jika di bandingkan dengan sekolah lain di daerah ini. Tinggal bagaimana cara kita
memotivasi agar mereka bisa mengembangkan kemampuan supaya bisa bersaing dengan
daerah lain yang lebih maju.
Pesan
Untuk kedepannya agar setiap
guru yang dikirim ke daerah benar-benar sesuai dengan bidang studi yang
dibutuhkan. Karena ada beberapa sekolah yang kami temukan di lapangan, bahwa
tidak sesuai guru yang dikirim dengan apa yang dibutuhkan. Contohnya saja, yang
seharusnya dibutuhkan guru bahasa inggris ternyata yang diterima sekolah adalah
guru bahasa matematika. Tentu saja ini tidak memenuhi kekurangan guru.
Harapan
Saya berharap semoga
program ini terus berjalan untuk mengisi kekurangan guru di daerah-daerah
terpencil. Karena selain untuk mengatasi kekurangan guru, program ini juga
untuk menciptakan guru-guru profesional.

No comments:
Post a Comment